Login
User Name
Password
Level
security image
Pengumuman
22 Oktober 2015
Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen
19 Oktober 2015
Workshop Internasional
16 Oktober 2015
Upacara Korpri
12 Oktober 2015
Bidik Misi
09 Oktober 2015
Usulan Penggantian Mahasiswa Bidikmisi
Arsip
Agenda Kegiatan
16 Februari 2012
Musyawarah Kerja UNG 2012
Arsip
Link
E-Jurnal
Spotlight | Panduan Proposal Skripsi Prodi S1 Sistem Informasi
Spotlight

Panduan Proposal Skripsi Prodi S1 Sistem Informasi
Selasa, 16 Februari 2012 Administrator

BAB I

PETUNJUK UMUM
 
A.  Persyaratan Skripsi
Persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk dapat melaksanakan skripsi jenjang Strata Satu (S1), meliputi  : telah menyelesaikan minimal 130 sks, IPK minimum 2.00 dan lulus matakuliah Metodologi Riset.  Mahasiswa  yang telah  memenuhi persyaratan diatas  dapat segera mempersiapkan   judul   penelitian   untuk  selanjutnya diusulkan kepada program  studi S1Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo.

B.  Pengajuan Usulan Skripsi
Mekanisme pengajuan usulan skripsi adalah sebagai berikut :
  1. Mahasiswa dapat mengkonsultasikan  topik skripsi ke Penasehat Akademik.
  2. Mahasiswamengajukan  topik skripsi ke  Program Studi  dengan persetujuan Penasehat Akademik.
  3. Mahasiswa mengikuti seminar Outline Proposal.
  4. Program Studimengusulkan penerbitan  SK pembimbing  kepada Dekan
  5. Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo
C.  Pelaksanaan Skripsi
Mahasiswa yang melaksanakan skripsi diwajibkan melaksanakan kegiatan tersebut secara sungguh-sungguh dibawah bimbingan dosen pembimbing. Mahasiswa wajib melaporkan secara berkala setiap perkembangan dari pelaksanaan  skripsi  kepada dosen pembimbing dengan mengisi buku konsultasi pembimbingan. Pelaksanaan skripsi berlaku selama 1 semester (6 bulan).Pada akhir penyelesaian kegiatan penelitian, mahasiswa  menyusun  hasil-hasil penelitiannya menjadi karya tulis ilmiah  berbentuk  skripsi  sesuai  dengan pedoman yang dijelaskan di bab III  tentang  Tata Cara Penyusunan dan kemudian menggandakannya menurut format  yang  dijelaskan  di bab  IV  Tata Cara Penulisan. Apabila hasil penyusunan danpenulisan telah mendapatkan persetujuan  dosen  pembimbing, mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menempuh ujianskripsi.

Catatan : perpanjangan pelaksanaan skripsi mengacu pada buku pedoman akademik Fakultas Teknik, hal 36 point b ayat 5

D.  UjianSkripsi
Apabila seluruh persyaratan telah dipenuhi, mahasiswa mengajukan usulan untuk menempuh ujian skripsi kepada ketua Program Studi dan  menyerahkan sejumlah eksemplar naskah yang telah ditandatangani  oleh dosen pembimbing. Selanjutnya  Ketua  Program Studi menyusun tim penguji,menetapkan jadwal ujian, dan tempat ujian. Ujian dilaksanakan  dengan didahului  oleh  penyajian  ringkasan  (dalam bentuk presentasi) skripsi dan     dilanjutkan     dengan     pertanyaan-pertanyaan oleh dosen penguji. Hasil ujian dinilai oleh tim penguji  dengan  format penilai sebagai berikut :

TABEL PENILAIAN
 Aspek Penilaian  Bobot Penilaian
 Teknik Presentasi
 1
 Kualitas Jawaban  2
 Kedalaman Teori yang relevan
 1
 Orginalitas
 1
 Metodologi Penelitian
 2
 Pembahasan
 2
 Kesimpulan dan Implikasi
 1

Apabila mahasiswa dinyatakan tidak  lulus maka dapat mengulang kembali ujian sebanyak satu kali. Apabila pada ujian berikutnya mahasiswa masih dinyatakan tidak lulus,maka mahasiswa yang bersangkutan diwajibkan untuk  mengganti topik skripsi dengan mengajukan kembali usulan penelitian kepada Ketua Program Studi.

E.  Penyelesaian Skripsi
Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus diwajibkan  memasukan  artikel jurnal  hasil penelitian skripsi dan naskah skripsidalam bentuk softcopy (pdf)  dan hardcopy sebanyak 2 eksemplar setelah mendapatkan pengesahan dari dosen penguji, dosen pembimbing,  kepala  Program Studi  dan  Dekan Fakultas Teknik  Universitas Negeri Gorontalo.

BAB II
USULAN PENELITIAN
 
Usulan  Penelitian  (Research Proposal) merupakan rencana  penelitian mahasiswa sebelum  melaksanakan penelitian untuk memperoleh  gelar  kesarjanaan  di  Universitas Negeri Gorontalo. Usulan penelitian terdiriatas 3(tiga) bagian, yaitu : halaman judul, halaman persetujuan dosen pembimbing, dan isi.

A.  HalamanJudul
Halaman judul memuat judul usulan penelitian,  jenis usulan,  lambang Universitas Negeri  Gorontalo,  nama   dan   nomor   pokok   mahasiswa, institusi (Program Studi, jurusan, fakultas, dan Universitas) dan waktu pengajuan
  1. Judul  dibuat sesingkat-singkatnya, jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti dan tidak membuka peluang penafsiran ganda.
  2. Jeni susulan adalah Proposal Penelitian.
  3. Lambang   Universitas Negeri Gorontalo  adalah   lambang   yang   resmi digunakan untuk laporan karya ilmiah.
  4. Nama dan nomor  induk mahasiswa diletakkan ditengah  halaman judul tanpa disertai garis bawah,nama tidak boleh disingkat dan derajat kesarjanaan tidak boleh disertakan. Nomor induk  mahasiswa ditempatkan dibawah nama mahasiswa
  5. Institusi yang dituju adalah Universitas Negeri Gorontalo.
  6. Waktu pengajuan ditulis lengkap bulan dan tahun pengajuan usulan penelitian.
B.  Halaman Persetujuan Usulan Penelitian
Pada halaman ini memuat judul penelitian dan tandatangan dosen pembimbing skripsi.

C.  Isi
Isi usul penelitian terdiri dari :

BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Ruang Lingkup Penelitian
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian
 
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
 
BAB III METODOLOGI PENELITIAN 
3.1 Objek Penelitian
3.2 Metode Penelitian
3.3 Teknik Pengumpulan Data
3.4 Tahapan Penelitian
3.5 Jadual Penelitian

DAFTAR PUSTAKA

1)  Judul Usul Penelitian
Judul harus  singkat, jelas dan informatif. Sebaiknya tidak lebih dari dua belas kata.
 
2)  Latar Belakang Masalah
Latar belakang berisi uraian berupa konsep, gejala, dan dugaan dalam suatu sistem atau teknologi.Uraian dibuat ringkas, lengkap, logis, sistematis, dan lugas.Keterangan yang diuraikan  disajikan dalam bahasa yang langsung menunjukkan inti persoalan. Secara umum, latar belakang dibagi minimal menjadi 3 paragrap dengan kandungan

  • Paragrap Pertama :
    Uraikan apa permasalahan yang dihadapi sehingga perlunya dirancang sebuah sistem untuk mengatasi masalah tersebut. Tanpa sistem tersebut, apa resiko atau kendala yang dihadapi. Jika perancangan sistem untuk menambah kemampuan sistem dasar, harus bisa menunjukkan permasalahan/kelemahan sistem yang sudah ada sebelumnya. Tetapi jika merancang sistem baru, dijelaskan masalah yang dihadapi dengan membandingkan dengan sistem konvensional, sehingga tampak dengan jelas keberadaan sistem baru tersebut menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa tinjau dari aspek efisiensi atau efektifitas, tunjukkan perbandingan sebelum dan sesudah ada rancangan sistem.
  • Paragrap Kedua : 
    Uraikan beberapa cara yang memungkinkan dapat digunakan untuk mengatasi  permasalahan tersebut. Pilih salah satu cara dan tunjukkan langkah global dengan cara yang dipilih.
  • Paragrap Ketiga : 
    Uraikan gambaran hasil yang diperoleh apabila rancangan sistem telah selesai. Tunjukkan keuntungan dan manfaat  yang diperoleh dengan metode yang anda gunakan. Nyatakan bahwa uraian di paragrap 1, 2 dan 3 tsb, yang telah mendasari sehinggaanda memilih topik yang anda usulkan.
3) Rumusan Masalah
Masalah yang akan dicari pemecahannya melalui suatu kegiatan penelitian, hendaknya dirumuskan secara deskriptif dalam bentuk kalimat tanya yang tegas dan jelas guna menambah ketajaman perumusannya.

4) Ruang Lingkup Penelitian

Masalah yangakan dicari pemecahannya harus terbatasruang lingkupnya agar pembahasannya dapat lebih  terperinci dan dapat dimungkinkan pengambilan keputusan definitif.

5) Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian  yang dilakukan. Maksud-maksud yang terkandung di  dalam  kegiatan tersebut baik maksud utama maupun tambahan, harus dikemukakan dengan jelas.

6) Manfaat Penelitian
Setiap hasil penelitian pada prisipnya harus berguna sebagai penunjuk praktek pengambilan  keputusan dalam artian yang cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan, manfaat bagi obyek yang diteliti dan manfaat bagi peneliti sendiri.

7) Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka menguraikan teori-teori yang mendasari pembahasan secara detail, dapat berupa definisi- definisi atau model matematis yang langsung berkaitan dengan  ilmu atau masalah yang diteliti, yang bersumber dari buku, jurnal ilmiah, dan skripsi.

8) Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian memuat langkah-langkah yang akan ditempuh di dalam penelitian yang meliputi objek penelitian, metode  penelitian, teknik pengumpulan data, tahapan penelitian dan jadual penelitian.

9) Daftar Pustaka
Bahan-bahan yang merupakan referensi / literatur atas penelitian yang dilakukan hendaknya dikemukakan secara jelas,daftar pustaka tersebut disusun dengan  aturan penulisan daftar pustaka seperti lazimnya digunakan dalam penulisan skripsi. Daftar pustaka juga berasal dari 25 Persen jurnal ilmiah yang terkait.


Terkait
Download
30 Oktober 2015
Pemberitahuan Daftar Mahasiswa Bidik Misi Masuk Asrama Gelombang 1
16 Oktober 2015
Daftar Mahasiswa Bidik Misi Masuk Asrama Gelombang 1
02 Oktober 2015
Pembagian Kelompok, Jadwal Serta Materi Kegiatan MOMB Tahap II
24 Agustus 2015
File Biodata Mahasiswa Baru
26 Juni 2015
Lulusan Informatika Periode Juni 2015
Arsip
Brosur
Teknik Informatika
Teknik Sipil
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Arsitektur
Teknik Kriya

Berita IT
23 April 2012
Teknologi Terbaru : Tempat Sampah Pintar dengan LCD Display
23 April 2012
Teknologi Komputer Generasi Terbaru
22 Februari 2012
Upxanel Box Server Untuk Keamanan File pada Kantor anda
22 Februari 2012
Sony Ericsson Xperia Active (Ponsel Cerdas Tahan Air)
22 Februari 2012
Gadget Terbaru : Smartphone Cantik Nokia Untuk Masa Depan
Arsip
Kalender Akademik
18
November 2017

Statistik Pengunjung

246334

Hari ini : 18
Total : 69168
Hits hari ini : 38
Total Hits : 246334
Online : 1
Copyright © 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo
^ Back to Top

KAMPUS DAMHIL Jln. Jend. Sudirman No.6 Kota Gorontalo
Phone / Fax : 0435
Email : ft@ung.ac.id
All rights reserved.