Login
User Name
Password
Level
security image
Pengumuman
22 Oktober 2015
Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen
19 Oktober 2015
Workshop Internasional
16 Oktober 2015
Upacara Korpri
12 Oktober 2015
Bidik Misi
09 Oktober 2015
Usulan Penggantian Mahasiswa Bidikmisi
Arsip
Agenda Kegiatan
16 Februari 2012
Musyawarah Kerja UNG 2012
Arsip
Link
E-Jurnal
Berita | Lokakarya KKNI di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo
Berita

Lokakarya KKNI di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo
Jumat, 16 Februari 2012 Administrator

Gorontalo, 11 Juni 2015, Civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo telah melaksanakan kegiatan Lokakarya kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dosen di lingkungan Fakultas Teknik Univeritas Negeri Gorontalo terhadap kurikulum berbasis KKNI. Kegiatan yg dibuka secara resmi oleh bapak Mohammad Hidayat Koniyo, M. Kom. selaku pimpinan Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka usaha membangun kurikulum berbasis KKNI yang rencananya akan diterapkan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo.
Hadir sebagai pemateri pada Lolakarya KKNI tersebut adalah bapak Dr. Sardi Salim dengan tema Kurikulum berbasis KKNI, bapak Kasmat Saleh Nur, MT dengan tema Strategi Penyusunan/perumusan LO (learning outcomes) yang Mengacu pada Standar KKNI, dan bapak Yasin Mohammad, MT Tahap Penyusunan Kurikulum. Selain itu, pada kegiatan tersebut juga dirumuskan Penciri Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo yang dipandu langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, bapak Arip Mulanto, M.Kom.

Interaksi pada proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa diatur oleh sebuah kurikulum yang digunakan pada satuan pendidikan tersebut. Dalam hal ini, Kurikulum merupakan keseluruhan rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan evaluasi (penilaian) pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi pada sistem pendidikan. Olehnya itu, kurikulum merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap outcomes pembelajaran.
Kurikulum berbasis KKNI merupakan kurikulum yang didesain sedemikian rupa yang mengacu pada penjenjangan capaian pembelajaran yang menyetarakan luaran bidang pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja dalam rangka pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor. Terdapat lima hal yang perlu diperhatkan dalam penyusunan Kurikulum berbasis KKNI, hal tersebut adalah (a) Learning outcomes - anak didik bisa apa setelah selesai kuliah?, (b) jumlah SKS - beban mata kuliah, (c) waktu studi minimum, merupakan indikator kreativitas mahasiswa yg menggunakan waktu studi dengan maksimal, (d) akuntabilitas asesmen dan, (e) surat pelengkap ijazah, seperti sertifikat kompetensi.

Kurikulum KKNI yang akan di terapkan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo diharapkan dapat menjadi acuan dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang keteknikan serta sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dimasyarakat.


Terkait
Download
30 Oktober 2015
Pemberitahuan Daftar Mahasiswa Bidik Misi Masuk Asrama Gelombang 1
16 Oktober 2015
Daftar Mahasiswa Bidik Misi Masuk Asrama Gelombang 1
02 Oktober 2015
Pembagian Kelompok, Jadwal Serta Materi Kegiatan MOMB Tahap II
24 Agustus 2015
File Biodata Mahasiswa Baru
26 Juni 2015
Lulusan Informatika Periode Juni 2015
Arsip
Brosur
Teknik Informatika
Teknik Sipil
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Arsitektur
Teknik Kriya

Berita IT
23 April 2012
Teknologi Terbaru : Tempat Sampah Pintar dengan LCD Display
23 April 2012
Teknologi Komputer Generasi Terbaru
22 Februari 2012
Upxanel Box Server Untuk Keamanan File pada Kantor anda
22 Februari 2012
Sony Ericsson Xperia Active (Ponsel Cerdas Tahan Air)
22 Februari 2012
Gadget Terbaru : Smartphone Cantik Nokia Untuk Masa Depan
Arsip
Kalender Akademik
18
November 2017

Statistik Pengunjung

246356

Hari ini : 18
Total : 69168
Hits hari ini : 60
Total Hits : 246356
Online : 2
Copyright © 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo
^ Back to Top

KAMPUS DAMHIL Jln. Jend. Sudirman No.6 Kota Gorontalo
Phone / Fax : 0435
Email : ft@ung.ac.id
All rights reserved.