Berita | Beberapa Fakta Menarik tentang Jurusan Arsitektur dan Mahasiswanya

Berita

Beberapa Fakta Menarik tentang Jurusan Arsitektur dan Mahasiswanya
Rabu, 00 0000 Administrator

Tahu dengan Arsitektur? Yup tepat sekali, arsitektur merupakan salah satu disiplin ilmu di sebuah universitas atau institute.

Mari kita menyimak beberapa fakta menarik dari arsitektur itu sendiri versi saya.

Pertama, jurusan Arsitektur merupakan jurusan yang tugasnya paling enak. Kalau anda beranggapan kuliah di jurusan Ekonomi atau Hukum ataupun Ilmu Sosial lebih enak, lebih santai, lebih bergaya, anda salah besar.Karena di Arsitektur tugasnya jauh lebih menyenangkan. Betapa tidak, kerjaannya jalan-jalan (Survey) ke sebuah bangunan, jalan-jalan ke suatu tempat (dalam maupun luar negeri) katanya biar ada sense, biar kita bisa merasakan sebuah ruang, biar kita bisa merasakan kenyamanan (thermal) dalam sebuah bangunan itu. Selanjutnya, layaknya seorang fotografer kita memotret bangunan sebagai objek ataupun lansekap. Dan ini tugas. Bukan jalan-jalan biasa. Karena diakhir cerita kita dituntut untuk membuat laporan layaknya seorang notulen. Enak bukan?

Kedua, jurusan Arsitektur bisa kuliah dimana saja. Arsitektur itu tak lebih dari berimajinasi-merealisasi. Membayangkan bentukan sebuah bangunan kemudian di gambar. Cukup bermodalkan pensil (B-H), penghapus, rotring segitiga, pensil mekanik, buku sketsa, tabung gambar, dan laptop (karena disain akan dibuat ke dalam bentuk AutoCad, ArchiCad, ScetchUp, 3Dmax). Dimana aja boyeh. Mau sambil ngopi, sambil ngegosip, OL, Nonton TV, terserah deh. Hebat bukan?

Ketiga, jurusan Aristektur merupakan jurusan yang sedikit tahu tentang banyak hal. Mau nanya tentang apa? Bedah? Kita bisa, bedah rumah. Mau nanya jenis pohon beserta kekuatan dan fungsinya? Bisa, kerena kita belajar arsitektur lansekap. Mau nanya tentang geodesi, kita belajar tentang struktur tanah. Mau nanya tentang botani, kita belajar taman. Mau nanya tentang mekanikal? Semacam AC, Lift dll, bisa, karena kita belajar PLB(Pengendalian Lingkungan dan Bangunan). Mau nanya tentang struktur bangunan ? bisa, karena kita belajar struktur dan Konstruksi. So? Mau nanya apa?

Keempat, mahasiswa arsitektur hidupnya hedon(meski gak semua). Yah mau gimana lagi. Secara semua perlengkapan tergolong mahal. Mau kah itu hanya penggaris,mal perabot, drawing pen, pensil mechanic, rapido, sampai kertas (kalkir, kertas roti, tik, duplek,dll). Dan ini hanya membantu dalam mendisain saja. Belum ke pembuatan maket. What the?

Versi mu gimana?

sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2011/06/06/beberapa-fakta-menarik-tentang-jurusan-arsitektur-dan-mahasiswanya/



Terkait
Agenda Kegiatan
Informasi Singkat
Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.
Pengumuman
Download
Link